Cara Mencegahnya Amandel Dari Cara Mengetahui Pemicunya


Bila Anda lihat bintik putih pada bagian kiri atau kanan kerongkongan, bintik itu bisa jadi adalah batu amandel. Pemicu batu amandel bisa datang dari serpihan makanan, kotoran, serta bahan lain yang mengeras bersama dengan kalsium. 

Batu amandel umumnya tidak membahayakan kesehatan. Tetapi, Anda kemungkinan merasakan tidak nyaman sebab berasa ada yang mengganjal disamping tenggorokan. Lalu, apa sebetulnya yang menyebabkan pembentukan batu amandel? 

Pemicu terbentuknya batu amandel 

Amandel atau tonsil ialah sepasang jaringan lunak yang ada disamping kiri serta kanan belakang tenggorokan (kerongkongan). Jaringan ini berperan untuk memerangkap bakteri serta virus yang masuk ke pada tubuh lewat tenggorokan. 

Semasing jaringan amandel diselubungi oleh susunan sel mukosa berwarna merah muda seperti sisi dalam mulut Anda. Permukaannya terbagi dalam banyak sela serta lekukan yang disebutkan kripta. 

Pemicu timbulnya batu amandel dapat datang dari bakteri, tersisa makanan, kotoran, beberapa sel mati, serta bahan sejenisnya yang terjebak di kripta. Semua kotoran ini selanjutnya terkumpul serta makin bertambah banyak. 

Kotoran yang menumpuk makin lama memadat serta mengeras dalam proses yang disebutkan kalsifikasi. Pada akhirnya, terbentuklah batu amandel dengan struktur yang keras. Batu amandel bisa terjerat di kripta serta makin bertambah banyak. 

Batu amandel umumnya berwarna putih atau kekuningan. Ukurannya beragam, dari mulai beberapa milimeter sampai sebesar kacang polong. Cuma sedikit ada masalah dimana batu amandel tumbuh melewati ukuran itu. 

Batu amandel serta kebersihan mulut 

Beberapa orang menyangka jika kebersihan mulut adalah pemicu penting dari terbentuknya batu amandel. Walau sebenarnya, tidak begitu. Anda masih bisa mempunyai batu amandel meskipun rajin menjaga kebersihan mulut. 

Unsur yang tingkatkan efek terbentuknya batu amandel malah ialah susunan amandel tersebut. Batu amandel bisa tercipta lebih gampang jika Anda mempunyai amandel dengan beberapa kripta. 

Keadaan ini membuat amandel mempunyai semakin banyak lekukan serta sela yang dalam. Kotoran juga lebih gampang terjebak serta menumpuk hingga Anda semakin lebih seringkali memiliki masalah dengan batu amandel. 

Langkah menahan terbentuknya batu amandel 

Pemicu terbentuknya batu amandel datang dari keadaan serta susunan amandel tersebut. Tidak ada langkah alami yang betul-betul efisien menahan pembentukan batu amandel. 

Meskipun begitu, Anda bisa kurangi risikonya dengan jaga kebersihan mulut serta gigi. Rutinlah menggosok gigi minimum sekitar 2x dalam satu hari. Pakai benang gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang masih melekat pada sela gigi. 

Selanjutnya, membersihkan semua sisi mulut Anda dengan obat kumur. Prioritaskan berkumur di bagian belakang tenggorokan sebagai tempat terbentuknya batu amandel. 

Batu amandel seringkali ada pada pasien radang amandel. Bila Anda alami keadaan ini atau seringkali memiliki masalah dengan batu amandel, operasi pengangkatan amandel mungkin dapat jadi jalan keluar. 

Operasi ialah aksi yang besar untuk sebatas menangani pemicu batu amandel, terkecuali bila batu amandel menghalangi peranan pernafasan serta menelan. Sejumlah besar batu amandel bahkan juga bisa hilang dengan sendirinya. 

Jadi, yakinkan Anda sudah konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum pilih untuk jalani operasi pengangkatan amandel. Dokter umumnya akan merekomendasikan pilihan ini saat langkah lain tidak bisa menangani permasalahan batu amandel yang Anda alami.

Posting Komentar

0 Komentar