Cara Naik Pesawat Lion Air Bagi yang Pertama Kali Naik Pesawat


Naik pesawat bagi banyak orang adalah sesuatu yang biasa dan tidak jauh berbeda dengan transportasi yang lain. Misalnya saja kereta api. Namun bagi sebagian yang lain, momen naik pesawat pertama kali tentu membuat sedikit kebingungan. Apalagi jika berada di bandara yang memiliki banyak terminal. Lalu bagaimana cara naik pesawat Lion Air yang tiketnya sudah dipesan sebelum hari keberangkatan?

Pertama Kali Naik Pesawat 

Tapi sebelum kita masuk ke bahasan tersebut, kamu harus memastikan bahwa sebelumnya kamu sudah memesan tiket dengan benar. Biasanya pemesanan tiket dilakukan melalui aplikasi booking tiket online seperti Blibli.com. Setelah memastikan e-ticket berada di tangan, kamu dapat mengikuti panduan naik pesawat untuk pertama kalinya sebagai berikut: 

1. Menyiapkan E-ticket 

Sebelum melakukan check in, kamu harus menyiapkan e-ticket yang kamu miliki. Sebenarnya kamu tidak perlu untuk mencetak tiket online. Kamu cukup menunjukkannya kepada petugas bandara. Maka pastikan handphone-mu aktif dan tidak error ya. 

2. Jangan sampai salah terminal 

Ketika awal datang di bandara, kamu harus tahu di terminal berapakah pemberangkatanmu. Kamu bisa mengeceknya di tiket online. Jika kamu berada di bandara yang hanya memiliki satu terminal, maka itu sangat mudah. Namun jika kamu berada di terminal yang memiliki banyak terminal, kamu harus memastikan bahwa kamu berada pada terminal yang benar. 

Misalnya saja bandara yang memiliki banyak terminal adalah Bandara Soekarno Hatta. Terdapat 3 terminal di bandara ini. Dan setiap terminal dibagi dalam beberapa sub terminal. Jika kamu menggunakan Lion Air maka terminal 1A, 1B, dan 1C adalah penerbangan domestik. 2D dan 2E adalah penerbangan internasional. Sedangkan 3E adalah beberapa rute penerbangan khusus. 

3. Check In 

Ketika sudah berada di terminal yang benar, kamu harus menuju ke loket untuk check in. Lakukan check in di loket maskapai yang kamu gunakan ya! Biasanya kamu akan diminta untuk menunjukan e-ticket dan juga kartu identitas yang berlaku kepada petugas check-in. Ingat yang menentukan lancarnya proses check-in adalah kamu membawa barang bawaan secukupnya dan menghindari barang-barang yang dilarang. 

4. Daftarkan Bagasi 

Kamu dapat menggunakan free bagasi sesuai dengan batasan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Namun jika barang bawaan melebihi kapasitas bagasi, kamu harus membeli bagasi tambahan sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan. 

5. Memastikan Dimana Gate untuk menunggu pesawat 

Masih dalam proses check in, setelah kamu mendaftarkan bagasi, kamu akan diberikan boarding pass. Dalam kertas ini termuat informasi nomor penerbangan, nomor kursi di pesawat, termasuk nomor gate (pintu) keberangkatan. Boarding pass jangan sampai hilang karena akan digunakan untuk naik pesawat. Periksalah di gate manakah kamu harus menunggu pesawat. Jangan sampai salah gate ya. 

6. Tunggulah Pesawat 

Setelah mengetahui di gate mana harus menunggu, kamu harus segera menuju gatenya. Disitu kamu harus menunggu pesawatmu siap untuk dinaiki. Akan ada pengumuman dari speaker mengenai keberangkatan pesawat. Jadi hindari menggunakan headset ya supaya tidak ketinggalan pengumuman keberangkatan. 

7. Masuki Pesawat 

Setelah ada pengumuman mengenai pemberangkatan, siapkan boarding pass dan kartu identitas untuk menaiki pesawat. Kemudian duduklah di kursi yang sesuai dengan apa yang tertulis di tiket. Patuhi semua aturan yang ditetapkan oleh pihak maskapai penerbangan. 

8. Antrian Bagasi 

Jika sebelumnya kamu sudah menitipkan barang ke bagasi, jika sudah mendarat, kamu harus mengambil barang bawaan di tempat pengambilan bagasi atau baggage claim. Cocokkan nomor penerbanganmu dengan informasi yang tertulis di layar setiap belt agar tidak salah tempat. Cek nomor bagasi yang diberikan ketika check in serta pastikan jumlah dan koper atau barang yang kamu bawa sudah benar. 

Demikian beberapa panduan naik pesawat Lion Air untuk pertama kalinya. Berhati-hatilah dalam membawa barang dan patuhi semua aturan yang ada. Karena aturan dibuat sebenarnya untuk keamanan dan keselamatan penerbangan.

Posting Komentar

0 Komentar