5 Tips Melatih Anak dalam Meningkatkan Kreativitas Menggambar

5-Tips-Melatih-Anak-dalam-Meningkatkan-Kreativitas-Menggambar

Pada anak usia dini tentunya masih banyak yang perlu dikembangan. Sebab, pada usia tersebut anak memulai dalam mempelajari segala hal. Untuk dapat mengembangkan serta mengasah otak pada anak, orang tua bisa mengikutkan anak pada les anak. Hal itu bertujuan untuk lebih mengembangan anak dari pelajaran yang dasar sebelum nantinya anak akan mendapatkan pelajaran yang umum. 

Seperti halnya les gambar, les tersebut akan lebih mengasah kemampuan motorik anak sejak dini sehingga nantinya anak akan lebih mudah menggunakan kemampuan motoriknya. Dengan kemampuan motorik tersebut, maka nantinya anak akan lebih mudah menggunakan otaknya dalam berbagai hal yang fleksibel dan mampu berpikir dengan penalaran. 

5 Tips Melatih Anak dalam Menggambar 

Untuk meningkatkan kreativitas anak, tentunya hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu cara, yaitu menggambar. Dengan menggambar, dimungkinkan akan akan lebih mudah menangkap berbagai tanggapan, sebab anak akan lebih menggunakan penalaran pikirannya. 

Untuk hal itu, orang tua dapat mendaftarkan les anak bagi anaknya khususnya pada les gambar untuk bisa lebih mengasah kemampuan anak dalam menggambar dan mampu menciptakan kreativitas yang tinggi. Dalam meningkatkan kreativitas anak dalam menggambar, tentu diperlukan berbagai strategi atau berbagai tips. Berikut beberapa tips dalam melatih anak menggambar : 

1. Gunakan gambar yang mudah pada awal pembelajaran 

Pada awal pembelajaran, gunakan terlebih dahulu sebuah gambar yang mudah yang tentunya dapat dipahami oleh si anak. Hal tersebut dapat membantu anak dalam pemahaman pertamanya agar otaknya mampu mengingat dan merespon gambar tersebut. 

Sebagai contohnya, mungkin pada awal menggambar anak bisa diberikan sebuah gambar gunung, gambar bunga, ataupun gambar pemandangan. 

2. Biarkan anak berkreasi sendiri dengan gambarnya 

Jika anak belum mampu menggambar sesuai dengan yang dicontohkan, biarkan anak menggambar dengan kreasinya sendiri. Hal tersebut nantinya akan lebih membuat anak merasa senang dengan hasilnya. Dibandingkan dengan saat anak yang dipaksa untuk mengikuti gambar sesuai perintah. 

Jika dipaksa, pada respon awal anak akan malas menggambar lagi dan akhirnya perkembangan anak akan terhambat. 

3. Tuntun anak untuk menggambar sesuai dengan pola yang ada 

Setelah anak menyelesaikan gambar yang ia buat, kemudian Anda dapat mengarahkan dan menuntun anak dengan sedikit pengertian kepada anak agar anak bisa lebih baik dalam menggambar. Berikan dia pengertian yang tidak mendesak dan pengertian positif agar anak tidak merasa tersinggung dengan hasil yang ia buat. 

4. Suruh anak mengembangkan gambar yang sudah ada 

Setelah anak mampu menyelesaikan gambar yang sesuai dengan contoh yang ada, selanjutnya Anda dapat menyuruh anak untuk menambahkan berbagai gambar tambahan sesuai dengan kreativitasnya. Hal tersebut dapat mengasah kemampuan otaknya untuk berimajinasi. Dari hal tersebut maka anak akan lebih terbiasa menuangkan imajinasinya. 

5. Berikan penghargaan setiap anak selesai menyelesaikan gambarnya 

Selalu berikan penghargaan setiap anak selesai dengan gambarnya. Anak akan merasa bangga dan menganggap bahwa menggambar itu menyenangkan saat anda memberi penghargaan. Penghargaan tersebut dapat berupa tepuk tangan, ataupun pujian atas gambar yang telah ia selesaikan. Maka, dari hal itu anak akan memiliki pemikiran bahwa menggambar menjadi hal yang menyenangkan. 

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan guna untuk lebih mengembangkan kreativitas anak dalam menggambar. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan anak pada les anak untuk mengikuti les gambar agar anak lebih mampu berkreativitas dengan gambarnya tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar