Mau Motor Tetap Awet? Ikuti 5 Cara Merawatnya Ini

Mau-Motor-Tetap-Awet-Ikuti-5-Cara-Merawatnya-Ini

Transportasi sangat berguna untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tentu saja akan lebih leluasa jika menggunakan transportasi pribadi dibandingkan transportasi umum. Selain lebih fleksibel, kendaraan pribadi juga umumnya tidak mengeluarkan budget yang cukup banyak. Saat ini, motor menjadi salah satu transportasi pribadi yang banyak digunakan. Banyak orang yang memilih kendaraan roda dua ini karena penggunaanya lebih simpel dan irit.

Karena digunakan hampir setiap hari, motor tentu membutuhkan perawatan secara maksimal. Perawatan yang dilakukan secara berkala bertujuan agar motor tetap awet dan bisa bertahan lama. Jika Anda terlalu cuek dengan perawatan motor, mau tidak mau Anda harus rutin pergi ke bengkel untuk mengganti setiap komponen yang sudah rusak parah.

Merawat Motor Dengan Benar 

Untuk menghindari hal itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor kesayangan Anda. Berikut ulasannya.
 

1. Menghidupkan motor setiap hari

Hal pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menghidupkan motor setiap hari. Hal ini dilakukan agar motor semua komponen yang ada pada motor bisa berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Sebelum berangkat beraktivitas, panaskan motor selama kurang lebih 15 menit. Anda tidak perlu menancap gas motor cukup kencang saat dipanaskan karena suaranya yang bising akan mengganggu tetangga.

2. Melakukan service secara berkala

Untuk mendapatkan perawatan secara maksimal, Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan perawatan service lengkap. Di bengkel tersebut, semua komponen motor akan dicek, apakah ada kerusakan atau tidak. Selain itu, pihak bengkel juga akan mengganti komponen yang sudah tidak layak pakai, sehingga performa motor Anda bisa kembali seperti baru.

3. Mengecek Selang dan Bahan Bakar

Motor akan lebih awet dan tahan lama jika And arutin mengecek selan dan bahan bakarnya. Jika kelajuan motor sudah ada di angka lebih dari 2000 km, segera periksa bahan bakar sekaligus selangnya.

Selang yang kotor atau jarang dibersihkan akan membuat kinerja injection menjadi terhambat dalam memasukan bahan bakar ke dalam mesin. Selain itu, periksa juga pompa bahan bakarnya dengan cara mendengarkan suara yang berasal dari tangki bahan bakar.

4. Menggunakan bahan bakar yang sesuai

Mesin yang mulus tentu akan membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih bahan bakar yang sesuai dengan motor Anda yang sudah direkomendasikan oleh pabriknya. Meskipun harganya terbilang lebih mahal dari bahan bakar lainnya, hal ini tentu saja akan sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan.

Jika Anda memilih bahan bakar yang kualitasnya tidak lebih baik, mesin motor Anda kemungkinan mengalami kerusakan. Komponen yang rusak tentu membutuhkan perbaikan yang harganya cenderung tidak murah. Untuk itu, pastikan bahan bakar yang digunakan cocok dan baik untuk motor Anda.

5. Merawat Bodi Motor

Selain bagian komponen mesinnya, Anda juga perlu merawat bagian bodi motor. Bodi motor yang terawat akan senantiasa bersih dan kinclong, bahkan terlihat seperti baru. Untuk itu, Anda bisa menggunakan krim khusus untuk cat motor agar senantiasa terlihat bersih dan mengkilat. Lakuan perawatan bodi secara berkala atau jika motor sudah terlihat kusam.

Selain cat motor, Anda juga harus memperhatikan bagian lainnya, seperti lampu spion, ban, jok, dan lain sebagainya. Jika sudah tidak layak pakai, gantilah komponen tersebut dengan yang baru.

Itulah lima cara merawat motor yang harus Anda ketahui. Pastikan motor Anda tetap terawat agar pengalaman berkendara Anda semakin nyaman. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar