Penjelasan Mengenai Rekomendasi Standar Alat Pelindung Diri untuk Menangani Kasus Virus Corona

Penjelasan-Mengenai-Rekomendasi-Standar-Alat-Pelindung-Diri-untuk-Menangani-Kasus-Virus-Corona
 
Berdasarkan dari beberapa berita menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini kasus mengenai virus corona masih banyak sekali dan selalu mengalami peningkatan setiap harinya termasuk salah satunya adalah di Indonesia. Virus ini adalah salah satu dari sekian banyak virus yang ada di dunia dengan tingkat penyebaran yang aman sangat cepat dan susah untuk dikendalikan. Apabila satu orang positif terjangkit virus tersebut maka akan dengan sangat mudah menularkannya pada orang lain meski keadaan orang yang ditulari tersebut awalnya sedang dalam keadaan yang sehat dan sistem imunnya juga sangat bagus.

Corona atau lebih sering disebut dengan istilah Covid -19 adalah jenis virus yang apabila sudah menginfeksi seseorang maka akan merusak sistem pernapasan orang tersebut. Gejala yang timbul akibat seseorang positif terkena virus tersebut adalah seperti gejala flu biasa yakni akan muncul beberapa gejala seperti demam yang lebih dari 38 derajat Celsius, batuk hingga pilek dan tenggorokan sakit. Tidak hanya itu saja, gejala lain yang mungkin bisa saja muncul apabila seseorang terjangkit virus tersebut adalah akan mengalami diare dalam waktu beberapa hari dan badan juga akan terasa lemas.

Ada berbagai macam langkah dan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah virus tersebut bisa menular pada diri kita. Seperti contohnya adalah dengan rajin melakukan cuci tangan, menggunakan masker saat pergi ke luar rumah untuk kegiatan yang amat sangat mendesak, dan dengan menghindari kerumunan. Dan untuk tenaga medis saat ini sudah ada alat pelindung diri (APD) yang biasa digunakan oleh tenaga medis saat menangani pasien yang positif Covid -19. Beberapa standar APD yang telah ditetapkan adalah dengan menggunakan masker N95 atau biasa disebut ekuivalen, pakaian khusus, pelindung mata, sepatu bot serta tidak lupa menggunakan sarung tangan bedah yang terbuat dari karet dan masih steril yang sekali pakai dan tidak lupa juga menggunakan penutup kepala atau apron.

Penggunaan APD yang sesuai dengan standard yang telah ditetapkan oleh Gugu Tugas yang secara khusus dibentuk untuk menangani kasus penyebaran Covid -19 di Indonesia tersebut diharapkan akan memberikan keamanan bagi para petugas medis yang secara langsung berhubungan dengan pasien yang sudah terjangkit Covid-19. Beberapa tenaga medis yang diharapkan menggunakan APD dengan standart yang telah ditetapkan tersebut adalah tenaga medis seperti dokter, perawat dan petugas laboratorium.

Dengan adanya rekomendasi tersebut maka bila memang ada masyarakat Indonesia yang ingin memberikan dan menyumbangkan beberapa APD bisa menyesuaikan dengan standard yang telah ditetapkan tersebut. Dengan begitu para tenaga medis diharapkan bisa tetap aman dan terlindungi saat bersinggungan langsung dengan pasien yang positif Covid -19. Selain itu, tujuan dari Gugus Depan memberikan standar dan rekomendasi APD tersebut juga disesuaikan dan juga dikategorikan pada tiga tingkat perlindungan.

APD tersebut akan diberikan pada tingkat perlindungan ketiga yang sebetulnya sangat wajib digunakan oleh para tenaga medis yang berada dalam satu ruangan dengan pasien virus corona. Dengan melihat seberapa besar peran dan tanggung jawab yang telah dilakukan oleh para tenaga medis tersebut, kita sebagai rakyat biasa sudah sangat seharusnya untuk membantu dan meringankan tugas para tenaga medis tersebut dengan tidak bepergian ke luar rumah bila tidak terlalu penting dan tidak lupa menggunakan masker saat keluar rumah serta rajin-rajinlah mencuci tangan supaya virus tidak mudah masuk dalam tubuh kita.

Posting Komentar

0 Komentar