Jangan Asal Pilih, Inilah 5 Pertimbangan Sebelum Membeli Lensa Kamera


Dalam melakukan pengambilan gambar atau video menggunakan kamera, beberapa faktor dapat mempengaruhi hasil jepretan atau rekaman kita. Salah satunya adalah lensa kamera. Gambar atau video yang kita ambil menggunakan kamera sebagian besar akan dipengaruhi oleh jenis dan kualitas dari lensa tersebut. Berbagai macam jenis dan merek lensa pun tersedia luas di pasaran. Salah satunya adalah lensa Tamron

Pertimbangan Sebelum Membeli Lensa 

Pemilihan lensa tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berbagai macam jenis lensa ini, disediakan untuk memenuhi kebutuhan bagi para penggunanya. Hal yang mendasari seseorang membeli suatu lensa juga berbagai macam, mulai dari budget hingga objek yang akan diambil. Beberapa hal yang dapat kita jadikan pertimbangan sebelum membeli lensa akan diulas lebih detail di bawah. 

1. Budget 

Sebelum kita membeli lensa, hal yang pertama kali kita perlu ketahui adalah budget yang. Apabila membutuhkan lensa dengan spesifikasi tinggi, namun budget tidak mencukupi tentu saja keinginan untuk memiliki lensa baru akan tertunda. Kita perlu memikirkan budget yang dimiliki agar tahu rentang harga lensa yang mampu kita beli. Hal ini juga dapat menghindarkan kita dalam membeli lensa yang over-budget. 

2. Produsen Lensa 

Menggunakan lensa pabrikan (lensa bermerek sama dengan kamera kita), mungkin akan merogoh kocek jauh lebih banyak. Alternatif lain yang dapat kita gunakan adalah dengan membeli lensa dari pihak ketiga atau yang umum disebut third-party. 

Lensa keluaran third-party ini umumnya memiliki harga yang lebih murah daripada lensa pabrikan. Mengenai kualitas lensa, mungkin memang tidak sama persis dengan lensa pabrikan. Namun lensa keluaran third-party dinilai sudah dapat menyamai lensa keluaran pabrikan. 

3. Objek 

Agar meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan, pemilihan lensa berdasarkan objek yang akan diambil dapat menjadi pertimbangan. Lensa yang digunakan ketika memotret landscape akan berbeda dengan lensa yang digunakan untuk memotret objek dengan jarak dekat (makro). Namun, jika kita tidak memiliki spesifikasi dalam menentukan objek yang akan diambil, maka kita bisa saja mengabaikan hal ini. 

4. Spesifikasi Lensa 

Mempertimbangkan spesifikasi lensa adalah hal yang cukup penting sebelum kita membeli lensa. Beberapa spesifikasi yang perlu kita perhatikan adalah kualitas optik, kemampuan stabilizer, ketahanan lensa terhadap air dan debu, dan fokus lensa. 

Semakin tinggi spesifikasi dari lensa Tamron tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya. Dengan mempertimbangkan spesifikasi ini, kita juga dapat mencegah untuk membeli lensa yang low-spec dengan harga yang tinggi untuk spesifikasi tersebut. 

5. Garansi 

Kita pasti memerlukan jaminan atas lensa yang dibeli. Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang mungkin terjadi di kemudian hari. Ya, garansi dapat menjadi suatu pertimbangan saat kita membeli lensa. Garansi yang kita peroleh pun bermacam-macam. Mulai garansi resmi langsung dari produsen hingga garansi dari toko. Pada umumnya menggunakan garansi dari toko akan membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada menggunakan garansi resmi asli dari produsen. 

Demikianlah beberapa hal yang dapat kita jadikan referensi sebelum menentukan lensa mana yang akan dibeli. Murah atau mahalnya suatu lensa tergantung dari jenis lensa tersebut. Jadi kembali lagi, jangan lupa cek kembali budget yang dimiliki agar kita lebih mudah dalam mencari jenis lensa yang akan dibeli. Lensa Tamron bisa menjadi pilihan karena lensa ini dibanderol dengan harga terjangkau. Lebih dari itu kualitas yang ditawarkan sebanding dengan harga yang dibayarkan. 

Semoga informasi di atas membantu ya! 

Posting Komentar

0 Komentar