Gejala Umum, Komplikasi, dan Penanganan Radang Testis

Sumber Gambar: doktersehat.com
Pernahkah Anda mendengar istilah radang testis? Dalam dunia medis, kondisi tersebut disebut dengan orkitis. Suatu gangguan kesehatan ini merupakan kasus peradangan yang terjadi pada testis. Sebenarnya, penyebab timbulnya kondisi ini adalah infeksi virus atau bakteri. 

Gejala umum radang testis ini dapat dikenali untuk kemudian menjadi bekal pemeriksaan secara medis. Penanganan peradangan testis ini harus segera dilakukan, mengingat ada kemungkinan semakin buruknya infeksi yang dialami. Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda jika mengalami gejalanya dan jangan sampai mengalami komplikasi dari peradangan ini. 

Gejala Umum Radang Testis 

Seperti kondisi peradangan di bagian tubuh lain, gejalanya muncul secara tiba-tiba atau mendadak. Berbagai gejala umum radang testis yang bisa dialami penderitanya cukup banyak dan bervariasi, sesuai dengan seberapa parah tingkat infeksi yang dialami. Penyebab infeksi itu sendiri juga berpengaruh pada peradangan yang dialami penderita. 

Hal pertama yang perlu dikenali adalah timbulnya pembengkakan yang disertai rasa nyeri pada salah satu ataupun kedua testis secara sekaligus. Tak hanya itu, testis akan lebih sensitif apabila ada sentuhan. Rasa nyeri tersebut bisa dialami dalam tingkat sedang sampai parah. Selain di area testis, nyeri juga dirasakan di bagian selangkangan. Rasa lelah juga dirasakan penderitanya. 

Gejala umum radang testis berikutnya adalah sakit kepala dan demam. Mual dan muntah juga menjadi salah satu gejalanya. Pada cairan sperma, ditemukan juga kandungan darah. Saat buang air kecil, saat berhubungan intim, dan ejakulasi, memang juga terasa nyeri. Rasa tidak nyaman pada testis sudah pasti terjadi. 

Komplikasi Radang Testis 

Berbagai gejala yang dirasakan penderita orkitis memang perlu dipahami dan diwaspadai. Jika orkitis ini terjadi di kedua testis, maka kondisi ini berisiko mengakibatkan kemandulan serta penurunan produksi hormon testosteron (hipogonadisme). Beberapa komplikasi dari gejala umum radang testis lainnya yang kemungkinan terjadi pada pengidap orkitis adalah kambuhnya epididymitis atau peradangan saluran yang membawa sperma, menyebabkan atrofi testis atau pengecilan ukuran testis, dan menyebabkan abses skrotum atau infeksi jaringan oleh nanah. 

Penanganan Penderita Radang Testis 

Memahami penjelasan di atas, diketahui bahwa peradangan pada testis adalah kondisi yang serius. Oleh karena itu, diperlukan metode pengobatan khusus oleh dokter dalam kasus orkitis. Biasanya, metode pengobatan ini akan ditentukan sesuai jenis orkitisnya. 

Dikutip dari halodoc.com, jenis orkitis yang pertama adalah orkitis idiopatik yaitu orkitis yang tidak diketahui pasti apa penyebabnya. Menangani kondisi ini, dokter meresepkan obat antibiotik dan obat antiinflamasi (anti peradangan). 

Kondisi yang kedua adalah orkitis bacterial yaitu peradangan testis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dalam kondisi ini, dokter juga akan meresepkan antibiotik. Selain mengatasi infeksi bakteri yang terjadi, antibiotik juga berperan mencegah penyebaran bakteri. Apabila orkitis disebabkan karena penyakit menular seksual, maka tidak menutup kemungkinan jika pasangan dari penderitanya juga memerlukan tindakan pengobatan berupa pemberian obat antibiotik. 

Kondisi yang ketiga adalah orkitis virus yaitu sudah pasti disebabkan oleh infeksi virus. Untuk mengobati orkitis jenis ini, dokter memberikan obat antiinflamasi non-steroid. Dalam upaya meredakan gejala, penderita bisa mengompres skortum menggunakan es dan beristirahat total. Sebagian besar pengidap orkitis virus ini akan mengalami perbaikan kondisi selama beberapa hari. 

Penanganan orkitis atau peradangan testis di atas memang sudah benar dan harus segera dilakukan. Untuk itu, janganlah menunda untuk memeriksakan diri ke dokter dan janganlah malu. Setiap mengenali gejala umum radang testis seperti yang dijelaskan di atas, segeralah periksakan diri ke dokter, sebelum mengarah pada komplikasi. 

Sumber Artikel: 
halodoc.com 
doktersehat.com 

Posting Komentar

0 Komentar